Monday 15 October 2012

Komitmen

Ko. mit. men
Dalam kamus bahasa indonesia berarti "perjanjian (keterikatan) untuk melakukan sesuatu".

Komitmen = Janji

Dalam kamus hidup ku berarti memegang janji setia. Komitmen dibuat tentu dalam keadaan sadar dan bebas dari ancaman apapun dan bukan hanya berdasarkan perasaan tapi logika yang sehat. Komitmen adalah janji bukan hanya janji kepada pasangan tapi janji kepada diri sendiri untuk setia kepada pasangan.

Komitmen bukan selalu berarti harus sebuah pernikahan, saat kita berpacaran pun bagiku itu adalah sebuah komitmen, menjalani hubungan hanya dengan seseorang. Berlandaskan kesetiaan dan kejujuran. Komitmen bahwa dalam hubungan itu hanya ada aku dan dia.

Komitmen pernikahan tentu jauh memiliki arti lebih dalam, karena tidak hanya janji setia terhadap pasangan maupun janji terhadap diri sendiri, melainkan janji terhadap TUHAN. Komitmen yang sangat besar harus dibuat. Tenggang rasa yang besar harus ada. Penghormatan dan kesetiaan yang dalam harus di ukir. Karena tidak hanya untuk sesaat tapi janji untuk selamanya.

Tapi entah kemana larinya komitmen tersebut jaman ini. Sepertinya semua manusia merasa takut HAM nya terusik dengan komitmen. Individualisme yang tinggi dan Ego yang menjulang menjadikan komitmen hanya isapan jempol. Tidak ada lagi kesetiaan, kejujuran, ke ikhlasan menerima kekurangan dan kelebihan pasangan. Semua terkikis oleh Ego. Maka jangan heran jika perceraian ramai seperti anak-anak ABG yang sedang kasmaran.

Perceraian, bukan karena awal hubungan yang tanpa komitmen namun orang yang memiliki komitmen lah yang tidak dapat mempertahankan komitmen nya. Laki-laki yang merasa tidak puas setelah tubuh istrinya berubah sehabis memiliki anak, lupa akan komitmen nya. Perempuan yang merasa suaminya tidak dapat memuaskan hasrat nya memiliki barang mewah membuang komitmen nya. Yang salah bukan pada komitmen nya, namun Manusia nya.

Bagiku komitmen itu memang berat, karena merupakan sebuah janji. Seperti dalam sebuah ayat "jangan lah engkau berjanji jika tidak dapat memenuhi, karena janji adalah hutang". Hutang berarti suatu hari akan dimintai pertanggung jawaban nya. Berat kan?

Tak bisa dihindari dalam hidup ini kita membutuhkan komitmen. Dalam segala aspek kehidupan kita membutuhkan komitmen. Dalam berpacaran, dalam bekerja, dalam pernikahan bahkan dalam mengajukan cicilan rumah atau mobil :D (kalo gak komitmen gak dibayar itu cicilan).

Belajarlah memegang komitmen mu, yang berarti juga janji mu. Mulailah dari hal kecil dan komitmen kepada diri mu sendiri. Sangat sulit karena hanya dirimu sendiri lah yang sangat mudah kau bohongi, karena ia tak akan marah dan membalas, tapi ia bisa terluka.


No comments:

Post a Comment