Friday 22 June 2012

Jakarta ku 485

Selamat Ulang Tahun Jakarta Ku yang ke 485 hari ini 22 Juni 2012. Sudah tua ya usia mu wahai jakarta ku. Semakin bertambahnya usia mu seharusnya engkau lebih nyaman bagi penghuni mu, memang bukan salah mu seutuhnya, tetapi pemimpin kota mu dan penghuni nya yang tidak bersahabat. Kalau boleh bertanya sebenarnya apa yang kau rasakan wahai jakartaku?. Gedung tinggi semakin banyak, Mall tumpah ruah, Pemukiman padat, Sanitasi Buruk, Pohon makin hilang, Sampah berserakan tak bertuan, Polusi udara. Engkau pasti jenuh, penat dan sumpek, ditambah usia mu yang sudah tidak lagi muda.

Ulang tahun mu hanya disambut dengan acara-acara berbau hiburan, yang diakhirnya menyisakan sampah-sampah baru. Engkau pasti berharap dihari ultah mu ini, kau lebih diperhatikan, lebih disayang, lebih dipedulikan. Memperbaiki sanitasi, Mengolah kembali sampah-sampah yang dapat di daur ulang, Menyediakan ruang terbuka hijau bagi paru-paru mu bernafas. Sayang kepentingan mu tidak di dengar, hanya ada kepentingan kapitalis yang ingin mencari kepuasan sepuas-puas nya.

Jakarta ku, disini aku dilahirkan, tumbuh dan menjadi dewasa. Banyak hal yang terjadi disini dan sudah kau lewati. Jika dapat kau ungkap apa yang kau rasa, pasti kau ingin dihari-hari kedepan mu kau lebih bahagia. Semoga.

Jika boleh aku mewakili mu, sebagai penghuni jakarta mu. Harapan ku agar para pemimpin kita bisa memakai sedikit hati dan nurani mereka untuk kepentingan kita bersama sebagai penghuni jakarta mu. Perbaiki apa yang perlu diperbaiki dengan biaya yang actual tanpa Korupsi. Hilangkan apa yang perlu dihilangkan dengan adil dan bijak tanpa Nepotisme.

Suatu saat nanti mungki kami penghuni mu sudah jauh lebih dulu mati, engkau akan ditemani penghuni-penghuni baru, doa ku mereka akan jauh lebih bijak dari kami. Jika mereka adalah bagian dari anak-cucu kami, akan ku tanamkan moral baik pada mereka, agar mereka lebih menyayangi mu diusia mu yang renta.

Selamat Ulang Tahun Jakarta ku. *sumpah saat nulis ini saya nangis* 


No comments:

Post a Comment