Tuesday 26 June 2012

Postpone Island #Pulau Tunda#

Postingan kali ini mau cerita soal Trip ku bersama teman-teman baru ke Pulau Tunda klo mau sok-sok english jadi "Postpone Island" hahaha. Pulau Tunda terletak disebelah utara teluk banten, masih masuk dalam wilayah kabupaten serang banten. Luas pulau tunda hanya sekitar 300 hektare.

Trip kali ini dimulai 22 Juni 2012 sampai 24 Juni 2012.

22 Juni 2012 pukul 21.00 meeting point di depan slipi jaya. Trip kali ini aku pergi bersama sekitar 45 orang. Aku, Sundus dan Rina (dua teman dari SMA yang sama-sama masih single) lalu dengan mba Fara (kenalan di trip Green Canyon kemarin). Entah ada apa gerangan malam itu jalanan jakarta begitu padat terutama yang mengarah ke Slipi dan sekitar nya. Macet Total. Setelah lama aku dan sundus menunggu bus yang tak kunjung datang akhirnya kami memutuskan naik taksi. Sampailah di Slipi Jaya pukul 20.30 tapi kok masih sepi?? (rame sih cuma bukan teman2 yg mau nge-trip melainkan pengunjung mall hehehe..). Akhirnya setelah semua kumpul, bus yang akan membawa kami ke serang pun tiba pukul 22.00. Perjalanan memakan waktu hanya 2 jam menuju serang. Salah strategi aku dan rina yang duduk sebangku sudah minum antimo dengan maksud dan tujuan biar bisa tidur, karena keenakan curcol malah lupa tidur, saat mau tidur malah sudah sampai di pintu tol keluar serang dan kami semua harus turun. Pusing bukan kepalang karena sudah ngantuk tapi tidak bisa tidur. Perjalanan belum selesai kawan, dari keluar pintu tol serang kami naik angkot menuju homestay pertama untuk tidur malam itu. Pagi datang,,,kami bangun cuma gosok gigi dan cuci muka tanpa mandi lalu sarapan unik yaitu ketan (saya bilang sejenis kue lupis)+telur rebus balado tak ketinggalan teh manis panas. Lalu kami menuju pelabuhan "Karangantu" untuk kemudian naik kapal selama 2,5 jam menuju Pulau Tunda.

23 Juni 2012 Pukul 07.30 kami berangkat dari pelabuhan "Karangantu" menuju Pulau Tunda dengan kapal, karena ada 45 orang plus bahan makanan, plus livefest, plus fin, plus alat snorkling (banyak ya bawaan nya) kami dipisah menjadi 3 kapal. Perjalanan selama 2,5 jam ini sedikit banyak membuat aku cemas juga karena sejauh mata memandang hanya biru lautan tak berujung.

Tapi dalam hati aku menyebut asma ALLAH sungguh indah segala sesuatu yang telah diciptakan bagi kami umat manusia. Lanjut ya, sampai di pulau tunda pukul 10.00 WIB tepat, langsung menuju home stay dan istirahat sebentar. Pukul 11 aku dan rombongan mulai berangkat mencari spot snorkling yang bagus. Bagus disini termasuk dalam biota lautnya yang indah dan ombak yang tenang.
Melihat keindahan bawah laut membuatku semakin kencang menyebutkan asma ALLAH. Subhannallah indah tak dapat diungkapkan dengan kata-kata.
Setelah puas snorkling kami makan siang di perahu *gak konsisten perahu atau kapal* sehabis makan lanjut snorkling lagi hahaha.... tak terasa hari sudah menunjukkan pukul 17.00 WIB kami kembali ke home stay. Mandi, Sholat dan ini yang di tunggu makan malam. Walau di perahu sudah memakan segala rupa *dari wafer, permen, indomie, nasi+lauk nya*.

Ada cerita yang lupa nih sempet karena kelaparan bikin indomie tanpa bumbu karena bumbunya udah gak ada, jadilah ditambah kecap, garam, gula pasir dan cabe rawit jadilah dan dimakan oleh 5 manusia bar-bar seperti ini.

Tetep begitu waktu makan malam hasrat bar-bar nya muncul. Sehabis makan waktunya tiduuurrrr,,,,zzzzzzz
Minggu pagi 24 Juni 2012. Setelah sholat subuh, kami mulai kelayapan cari sarapan untuk mengganjal cacing-cacing di perut. Setelah dirasa kenyang dan cukup, kami menuju ke dermaga mencari sunrise lalu dapat lah pemandangan indah seperti ini.

hehe gambar yang ada obyek hidup nya bagus ya? hahahaha #narsissendiri#. Puas lihat sunrise dan katanya sih sempet ada dolpin tapi saya gak sempat melihat moment itu, kami kembali ke home stay lalu bersiap untuk snorkling lagi,,,yeeeaaaayyyy love it very much. Tempat snorkling kali ini agak tinggi ombak nya tapi saya berhasil melihat bintang laut indah berwarna biru #diambilin mamang kapal nya karena saya gak bisa nyelam# hehehehe Bagian atas nya keras dan bagian bawah nya agak berlendir, karena saya baik hati dan tidak sombong bintang laut itu saya lepaskan kembali ke bawah laut. Sempat foto-foto lagi nih hihihihi #ajang narsis#.

Pukul 13.00 kami kembali ke home stay, makan siang dan berkemas untuk kembali ke Jakardah. Kembali melihat kenyataan hidup, kembali berkutat dengan kesibukan dan kemacetan. Pukul 15.00 kami bertolak ke pelabuhan karangantu. Setelah berpamitan dengan sang empunya rumah, kapal berangkat dan kembali menempuh perjalanan 2.5 jam menuju pelabuhan karangantu. Perjalanan sore itu menyenangkan walau ada sedikit kekhawatiran karena kapalnya tiba-tiba mogok. Tapi alhamdulilah bisa kembali jalan kapal nya, setelah berpusing2 karena terombang-ambing ombak. Kami melewati pulau pemujaan #ini kata mamang kapalnya# tidak berpenghuni tapi di huni oleh ribuan burung-burung, mereka bertengger di dahan-dahan pohon untuk beristirahat.

Setelah 2.5 jam perjalanan laut kami tiba di pelabuhan karangantu. Pukul 17.30 kapal merapat, kami melanjutkan perjalanan dengan angkot menuju rumah makan "Bu Entin". Makan malam disana lalu kembali melanjutkan dengan bus "Merak-Rambutan" aku, rina dan sundus turun di kebon jeruk. Kami naik taksi aku turun di Lebak Bulus untuk melanjutkan naik taksi yang lain. Aku tiba di rumah pukul 23.15 bersih-bersih lalu tidur.

Perjalanan kali ini memberikan banyak pelajaran, memberikan banyak ilmu dan hikmah hidup yang tidak akan ku dapatkan di sekolah mana pun. Terima kasih teman-teman semua atas kehangatan kalian, keramahan dan tenggang rasa kalian, semoga kita bertemu lagi di trip-trip berikutnya. Dan kita semua diberikan kesehatan dan keselamatan.